Wot Batu Bisa Jadi Pilihan Liburan Akhir Pekan Ini

Sabtu, 22 September 2018 - 08:38 WIB
Wot Batu Bisa Jadi Pilihan Liburan Akhir Pekan Ini
Wot Batu Bisa Jadi Pilihan Liburan Akhir Pekan Ini
A A A
BANDUNG - Anda yang gemar dengan wisata sejarah, pastikan mengunjungi Wot Batu di Jalan Bukit Pakar Timur No. 98, Bandung, Jawa Barat.

Wot Batu merupakan galeri berbentuk taman terbuka berisikan bangunan-bangunan batu. Galeri ini merupakan karya seniman Tanah Air, Sunaryo. Dia membangun sebuah mahakarya seni dari 135 + 1 batu vulkanik yang sebagian besar berasal dari pegunungan di Bandung dan sekitarnya dengan sangat unik di tanah seluas 2000 m².

Dikutip Travelingyuk, setiap bangunan batu memiliki makna dan penempatan setiap bangunan batu dirancang sedemikian rupa sehingga kepingan-kepingan makna tersebut menjadi sebuah cerita.

Cerita ini bisa dimuali dari awal memasuki gerbang taman dan terhenti saat mendekati pintu keluar area taman. Batu Gerbang merupakan batu pertama yang akan menyambut wisatawan di pintu masuk. Di sini terdapat tonjolan yang dihaluskan menyerupai bentuk tangan manusia.
Wot Batu Bisa Jadi Pilihan Liburan Akhir Pekan Ini

Sebelum memasuki taman, wisatawan disarankan menyentuh tonjolan batu tersebut yang menandakan sedang bersalaman dengan pemilik batu. Terdapat kurang lebih 10 bangunan batu di galeri ini, antara lain yang menjadi ikon Wot Batu adalah bangunan bernama Batu Air yang didirikan di atas sebuah kolam.

Letaknya bagian ujung taman dan tepian bukit yang menghadap langsung ke lembah di bawahnya. Refleksi batu pada kolam dirancang seolah tak berujung, melambangkan dunia setelah kehidupan yang tak berbatas dan tak tergapai oleh nalar.

Di sebelah kiri batu air, terdapat tangga yang mengarahkan kita ke ruang bawah tanah tempat didirikannya Batu Ruang. Di ruangan ini kita dapat melihat tayangan audiovisual proses pembentukan bumi. Karya tersebut diproyeksikan di atas permukaan sebuah batu.

Di area taman ini juga terdapat sebuah Mushalla yang dapat digunakan untuk beribadah. Uniknya, dari bangunan ini adalah di lempengan kaca yang menandakan arah kiblat juga terdapat kepingan batu yang berasal dari Gua Hira Mekah serta bagian bawah kepingan batu terukir Surat Al-Fatihaah.

Tepat sebelum pintu keluar, terdapat aula yang dinamakan Bale Batu yang dapat digunakan untuk beristirahat sejenak setelah mengelilingi Wot Batu sambil menikmati segarnya teh tosella. Bale Batu juga menawarkan video pembuatan Wot Batu yang memakan waktu kurang lebih tiga tahun.

Wot Batu diresmikan pada 4 September 2015 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Anies Baswedan. Wot Batu buka setiap hari mulai 10.00 – 18.00 WIB, kecuali Senin dan hari libur nasional. Untuk tiket masuk sebesar Rp50 ribu. Sedangkan untuk pelajar Rp30 ribu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5192 seconds (0.1#10.140)